Skip to main content

Makanan Otak Terbaik untuk Fungsi Otak, Kesehatan, dan Memori

Makanan Otak Terbaik untuk Fungsi Otak, Kesehatan, dan Memori - Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring bertambahnya usia, maka otak akan  mengalami perubahan secara kemampuan. Baik itu kemampuan berpikir, konsentrasi, maupun daya ingat. Semakin kita tua maka kemampuan kita untuk berpikir, konsentrasi dan mengingat akan mengalami penurunan.

Namun walaupun demikian ternyata kita bisa mencegahnya atau setidaknya memperlambat proses penurunan kemampuan otak kita dengan cara mempertahankan kesehatan otak kita. Dalam hal ini yang dapat kita lakukan adalah dengan cara memakan makanan yang dapat menyehatkan otak dan meningkatkan kecerdasan.

Makanan Otak Terbaik untuk Fungsi Otak, Kesehatan, dan Memori
Ilustrasi untuk otak sehat



Makanan Otak Terbaik untuk Fungsi Otak, Kesehatan, dan Memori


Berikut ini beberapa makanan yang sangat bagus untuk kesehatan otak dan sekaligus meningkatkan kemampuan otak kita.


1. Bluberry


Berdasarkan penelitian  telah menemukan bahwa blueberry dapat membantu melindungi otak dari stres oksidatif dan dapat mengurangi dampak kondisi terkait usia seperti penyakit Alzheimer atau demensia. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan  blueberry dapat meningkatkan kemampuan belajar dan kemampuan motorik secara signifikan. Untuk menjaga kesehatan otak setidaknya kita membutuhkan 1 cangkir bluberry baik dalam bentuk cair, beku maupun yang sudah dikeringkan

2. Salmon Liar


Ikan yang hidup di air dalam, seperti salmon, kaya akan asam lemak esensial omega-3, yang penting untuk fungsi otak. Selain salmon, ikan lainnya yang memberi manfaat omega-3 adalah sarden dan ikan haring.  Untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan kinerja otak, maka kita setidaknya harus mengonsumsi jenis ikan ini sekitar  4 ons, 2-3 kali dalam seminggu

3. Kacang atau biji-bijian


Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber vitamin E yang baik untuk otak.  Kadar vitamin E yang lebih tinggi sesuai dengan penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Jenis kacang yang bagus untuk kesehatan otak diantaranya adalah:

  1. Kacang kenari, 
  2. Hazelnut, 
  3. Kacang Brazil, 
  4. Filberts, 
  5. Kacang almond, 
  6. Kacang mete,
  7. Kacang tanah, 
  8. Biji bunga matahari, 
  9. dan sebagainya.


4. Alpukat. 


Buah alpukat hampir sama baiknya dengan blueberry dalam meningkatkan kesehatan otak. Alpukat adalah buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berkontribusi pada aliran darah sehat. Jika aliran darah ke otak sehat maka otak pun akan sehat. Selain itu buah alpukat juga dapat menurunkan tekanan misalnya pada kondisi hipertensi. Hipertensi merupakan faktor risiko penurunan kemampuan kognitif, Namun dengan mengkomsumsi buah ini maka tekanan darah akan sehat dan meningkatkan kesehatan otak.

5. Jus delima.


Jus delima (Anda bisa makan buah itu sendiri tapi dengan banyak biji mungilnya, rasanya tidak begitu nyaman) menawarkan manfaat antioksidan yang manjur dan dapat menjaga  dapat otak dari kerusakan radikal bebas.Tidak ada bagian tubuh yang lebih sensitif terhadap kerusakan akibat radikal bebas seperti otak. Oleh karena itu kita harus menjaganya yang salah satunya yaitu dengan mengonsumsi buah delima. Selain delima,buah jeruk dan sayuran berwarna juga mengandung anti oksidan yang cukup tinggi  dan termasuk ke dalam kategori makan yang bagus untuk otak . Jika Anda hendak mengonsumsi buah delima ini, anda cukup memerlukan sebanyak 2 ons yang diencerkan dengan air.

6. Teh yang baru diseduh. 


Dua sampai tiga cangkir sehari teh yang baru diseduh baik  panas atau dingin mengandung sejumlah kecil kafein, yang  jika digunakan "dengan bijaksana," dapat meningkatkan kekuatan otak dengan meningkatkan daya ingat, fokus, dan mood. Teh juga memiliki antioksidan ampuh, terutama kelas yang dikenal dengan katekin, yang mendorong aliran darah sehat.

7. Coklat hitam. 


Konsumsi cokelat hitam  dapat mempengaruhi fungsi kognitif otak. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada jurnal Appetite,menyatakan bahwa fungsi kognitif dan faktor risiko kardiovaskular yang dari 968 orang berusia antara 23 sampai 98 tahun menyimpulkan bahwa dengan mengkonsumsi cokelat hitam secara rutin dapat memberi  efek positif yang signifikan pada fungsi kognitif. 

Mengkonsumsi cokelat hitam ini dapat meningkatkan fungsi kognitif termasuk memori visual-spasial dan organisasi, memori kerja, dan penalaran abstrak”

Yang menyebabkan coklat dapat memberikan efek positif pada fungsi otak adalah dikarenakan karena kaya akan zat flavonoid, dan kadungannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu dan coklat putih. Zat flavonoid ini akan memberikan dampak positif pada fungsi kognitif. Selain itu juga dapat melindungi terhadap penurunan kognitif biasa akibat penuaan, seperti demensia.

Itulah pembahasan tentang makanan yang sangat baik untuk kesehatan otak. otak adalah salah satu aset kita yang sangat penting. Oleh karena itu jagalah kesehatannya sejak dini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar