Skip to main content

Mengobati Tekanan Darah Rendah secara Alami dan Aman

Mengobati tekanan darah rendah secara alami dan aman - Kurang darah merupakan sebuah situasi dimana tekanan darah kurang, tekanan darah normal berada antara 90/60 dan 140/90. Maka situasi tekanan darah rendah berada kurang dari itu, tekanan darah dibutuhkan untuk menunjang kinerja organ tubuh, dalam menjaga ketahanan tubuh untuk kondisi yang prima. Apabila implus darah berkurang yang diakibatkan oleh darah rendah maka beberapa kinerja organ tubuh tidak akan sempurna, misallnya: kepala mudah pusing akibat kurangnya implus darah ke otak atau mudah pingsan akibat lemahnya beberapa sistem organ vital didalam tubuh.

 Mengobati Tekanan Darah Rendah secara Alami dan Aman
Ilustrasi tekanan darah rendah

Ketika tekanan darah berada diatas antara 90/60 dan 140/90 berarti menjadi tanda tekanan darah tinggi atau hipertensi, kondisi yang terbaik adalah berada pada batas normal tekanan darah agar fungsi organ tubuh seimbang dan bisa bekerja dengan baik sesuai fungsinya masing-masing.

Beberapa penyebab darah rendah antara lain


Darah rendah bisa disebabkan oleh banyak fantor baik itu dari faktor lingkungan, penyakit  atau bahkan bisa juga disebabkan karena pola hidup yang kurang baik. Dan berikut ini adalah beberapa hal atau faktor yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan darah rendah.
  • Sel darah berkurang, Kurangnya jumlah sel darah merah atau lebih umum disebut anemia.
  • Cuaca ekstrim, saat cuaca ekstrim maka tubuh akan mempertahankan agar tetap pada suhu yang "nyaman", jika tubuh terlalu sering berada pada suhu extrim maka tubuh akan mudah mengalami tekanan darah rendah.
  • Tubuh kekeurangan cairan ( dehidrasi ), lebih dari 90% penyusun darah adalah cairan, oleh karena itu ketika terjadi kekurangan cairan pada tubuh bisa menyebabkan menurunnya jumlah darah atau darah akan mengental..
  • Diakibatkan oleh penyakit, beberapa penyakit bisa menyebabkan tekanan darah menuruh misalnya penyakit yang berkaitan dengan syaraf seperti penyakit Parkinson

Selain itu  masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi atau menjadi penyebab terkena  tekanan darah rendah. Adapun beberapa gejala yang biasanya muncul pada penderita tekanan darah rendah adalah sebagan berikut.

  • Sering merasa pusing 
  • Mata pucat dan penglihatan kabur
  • Sering mual
  • Cepat merasa lelah meskipun mengerjakan pekerjaan ringan 
  • Depresi
  • Napas cepat dan dangkal
  • dll

Jika anda merasakan gejala-gejala seperti di atas maka kemungkinan anda terkena tekanan darah rendah. Namun untuk memastikannya  langkah terbaik adalah segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan. Namun selain melalui pengobatan dari dokter, anda juga bisa mencoba mengobati tekanan rendah dengan cara sederhana namun dan aman seperti yang akan dijelaskan berikut ini.


Cara mengatasi darah rendah 


Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi atau mencegah penyakit tekanan darah dengan cara sederhana.
  • Meningkatkan konsumsi garam dapur, ketika tanda-tanda tekanan darah rendah dirasakan maka anda bisa mengatasi dengan mengkonsumsi garam dapur. Garam dapur sangat kaya akan sodium yang bisa meningkatkan tekanan darah, namun anda harus bijak jangan sampai berlebih agar jangan sampai membalikan kondisi menjadi hipertensi.
  • Mencukupi kebutuhan air putih, agar cairan dalam tubuh tetap stabil maka anda harus tetap menjaga asupan cairan/air putih minimal 6 gelas sehari atau lebih sesuai kebutuhan masing-masing sesuai tinggat aktivitas yang anda lakukan.
  • Mengkonsumsi kafein, kafein dipercaya bisa meningkatkan tekanan darah. Sehingga wajar jika anda mengkonsumsi secangkir kopi ketika pagi hari anda bisa merasakan semangat/tubuh menjadi segar.
  • Mengkonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung zat besi, banyak sekali makanan yang menjadi sumber zat besi seperti bayam, daun pepaya, daging yang berwarna merah dan masih banyak lagi.

Mengobati tekanan darah rendah bisa dengan cara yang alami, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, pola hidup sehat yang teratur akan mencegah hal ini terjadi. Bila Anda ingin hidup sehat, kami sarankan untuk mencoba bergaya hidup sehat,agar seluruh tubuh bisa tampil secara prima.

Demikian cara mengobati tekanan darah rendah secara alami yang bisa membantu keluhan anda tentang tekanan darah rendah, bila tekanan darah rendah sudah sangat menganggu maka kami sarankan untuk segera mendiskusikan dengan ahli kesehatan agar menemukan solusi terbaik bagi anda. Seoha bermanfaat sekian dan terima kasih.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar