Skip to main content

Penyakit Stroke dan Cara Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Penyakit stroke dan cara pencegahan yang bisa dilakukan - Stroke adalah suatu  kondisi dimana  terjadinya kematian sel-sel pada sebagian area di otak yang diakibatkan  karena  pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Stroke ini merupakan kondisi kesehatan yang serius yang sangat membutuhkan penanganan cepat.

Ketika sesorang dalam keadaan terkena stroke, maka diperlukan penanganan medis yang harus disegerakan. Hal ini karena pada saat terkena stroke maka pasaokan darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke otak akan terputus. Akibatnya jika tidak segera ditangani maka akan sel-sel otak akan mengalami kerusakan dan mulai mati. Namun jika segera ditangani, kerusakan sel otak yang terjadi pun tidak akan terlalu parah sehingga bisa meminimalisir resiko kematian.

Penyakit Stroke dan Cara Pencegahan yang Bisa Dilakukan
Stroke


Gejala stroke

Stoke memiliki beberapa gejala yang bisa kita kenali, dan bisa kita jadikan sebagai acuan supaya kita selalu waspada dan jika ada diantara saudara atau orang lain yang mengalami gejala storke bisa segera  untuk  membawanya ke unit pelayanan kesehatan untuk segera dilakukan tindakan medis

Berikut ini adalah beberapa gejala ketika seseorang terkena stroke:
  • Mulut dan mata  pada salah satu sisi wajah penderita akan terlihat turun atau posisinya menjadi miring.
  • Cara bicara menjadi tidak kacau atau jelas, pada banyak kasus juga pasien tidak bisa berbicara sama sekali
  • Terjadinya kelumpuhan pada sebelah atau kedua tanggan dan kakinya

Jika terjadi gejala-gejala di atas pada saudara atau orang disekitar anda, maka sesegera mungkin bawalah ke rumah sakit untuk segera dilakukan tindakan medis.

Secara umum serangan stroke biasanya terjadi pada usia lanjut, namun tidak sedikit juga terjadi pada orang yang masih berusia muda dan produktif. Supaya kita bisa terhindar dari penyakit stroke langkah terbaik yang dapat kita lakukan adalah dengan cara melakukan pola hidup sehat dengan cara menjaga pola makan, hanya memilih makanan yang sehat, olah raga secara teratur dan sebisa mungkin menghindari yang namanya stress.

Berikut ini ada beberapa hal dari sekian banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah resiko terkena penyakit.

1. Mulai Berolahraga


Berolah raga atau melakukan aktivitas fisik secara rutin sangat baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga tekanan darah. Dengan kondisi tekanan darah yang normal serta berat badan yang ideal maka secara tidak langsung akan menguragi resiko atau terhindar dari serangan stroke. Lakukanlah olah raga secara rutin  dengan intensitas sedang sekitar 5 kali dalam seminggu.

Berikut ini beberapa aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan:
  • Pilih naik tangga dari pada naik lift jika memungkinkan.
  • Berjalan-jalan di sekitar lingkungan Anda setiap pagi setelah sarapan.
  • Angkat beban dengan intensitas sedang di tempat kebugaran atau pun di rumah .
Namun perlu diperhatikan bahwa anda jangan terlalu memforsir olahraga ada. Jika Anda sudah sudah terengah-engah maka segeralah untuk istirahat, Jika terlalu dipaksakan justru akan membuat anda telalu kecapean dan bisa membahayakan kesehatan Anda terutama jika Anda sudah berusia lanjut.

2. Menjaga tekanan darah


Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu faktor utama seseorang terkena serangan stroke. Tekanan darah tinggi ini jika tidak diatasi akan menaikan risiko terkena stroke sampai 2 hingga 4 kali lipat.  Menurut seorang ahli bernama Dr. Natalia Rost, seorang professor ahli neurologi dari Harvard Medical School, menyatakan bahwa tekanan darah tinggi adalah penyumbang terbesar terhadap serangan stroke pada pria maupun wanita.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol tekanan darah.:
  • Hindari makanan yang mengandung kadar kolesterol yang tinggi, seperti burger, keju, dan es krim.
  • Makanlah buah-buahan dan sayuran segar setiap hari.
  • Tidak mengkonsumsi garam lebih dari 1.500 miligram per hari
  • Dengan mengonsumsi  biji-bijian dan susu rendah lemak.
  • Konsumsi ikan dua sampai tiga kali seminggu.
  • Dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara rutin 
  • Meminum obat herbal atau obat penurun tekanan darah lainnya 

    3. Dengan menjaga berat badan tetap normal


    Berat badan juga sangat berpengaruh pada kesehatan. Jika  kelebihan berat badan maka bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan diabetes, dua keadaan ini bisa  bisa berkembang menjadi serangan stroke. Dengan demikian Anda harus selalu menjaga berat badan Anda. Dan jika berat badan anda berlebih maka segeralah lakukan program penurunan berat badan misalnya dengan melakukan diet dan berolahraga secara teratur

    4. Waspada Fibrilasi atrial


    Fibrilasi atrial adalah jenis aritmia yang paling umum, yaitu suatu keadaan di mana denyut jantung yang tidak teratur yang menyebabkan terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah jantung. Gumpalan dalam pembuluh darah ini dapat melakukan perjalanan ke otak, dan jika ini terjadi maka dapat menyebabkan terjadi serangan stroke. Jika Anda mengalami kondisi ini  maka segeralah konsultasikan ke dokter dan lakukan pengobatan karena jika tidak segera ditangai maka Anda memiliki risiko yang sangat serius untuk terkena serangan stroke.

    5. Dengan  mengontrol kadar gula darah


    Kondisi kadar gula darah yang tinggi dapat meyebabkan rusaknya pembuluh darah mikro, dan  meningkatkan kemungkinan terjadinya gumpalan pembuluh darah. Dengan demikian  Anda harus selalu mengontrol kadar gula darah Anda dan juga menjaga pola makan, menghindari makanan dengan kadar gula tinggi serta jangan lupa untuk melakukan kegiatan olahraga secara rutin dan teratur.

    6. Berhentilah  merokok


    Selain merusak paru-paru merokok juga akan  mempercepat pengentalan darah, dan menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah arteri. Dengan demikian perokok memiliki resiko terkena serangan stroke yang tinggi . Oleh karena itu untuk anda yang aktif merokok maka segeralah untuk berhenti dan lakukanlah pola hidup sehat. Jika anda butuh bantuan untuk berhenti merokok, Anda bisa meminta bantuan kepada anggota keluarga Anda atau dengan cara meminta bantuan kepada dokter.

    7. Hindari Stres


    Semakin Anda stres, maka Anda akan semakin besar terkena  serangan stroke. Untuk menghindari stres Anda bisa melakukan berbagai kegiatan misalnya dengan melakukan pekerjaan hobi, berolahraga, mengambil cuti jika Anda masih bekerja. Selain itu anda juga melakukan liburan bersama keluarga Anda. Namun jika diperlukan, Anda juga bisa menghubungi dokter untuk berkonsultasi jika diperlukan.

    Itulah informasi tentang apa itu stroke, gejala stroke dan beberapa langkah  yang dapat Anda lakukan supaya terhindar dari serangan stroke. Umumnya dari semua cara ini berhubungan dengan melakukan perubahan gaya hidup, meskipun hal ini sangat sulit untuk dilakukan. Namun dengan tekad dan kemauan yang kuat niscaya secara perlahan Anda semua bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar