Skip to main content

Cara terbaik untuk mencegah penyakit kencing manis atau diabetes

Cara terbaik untuk mencegah penyakit kencing manis atau diabetes - Cara mencegah penyakit kencing manis atau lebih umum di sebut diabetes maupun penyakit gula sebenarnya lebih mudah dari pada cara mengobati penyakit diabetes, karena ketika sudah terjangkit oleh penyakit kencing manis maka akan memperbesar kemungkinan untuk terjadinya penyakit lainnya seperti stroke atau bahkan tidak menutup kemungkinan terjadinya penyakit komplikasi.

Cara terbaik untuk mencegah penyakit kencing manis atau diabetes
diabetes
Diabetes di sebabkan oleh terjadinya penumpukan gula dalam  darah, penumpukan gula dalam darah itu tersendiri di akibatkan oleh pola hidup kurang sehat seperti, malas berolah raga, gemar terhadap makanan maupun minuman yang manis, lebih memilih mengkonsumsi makanan olahan pabrik dibadingkan dengan memakan makanan olahan tradisional/sendiri dan masih banyak lagi, maka tidak heran jika saat ini penderita diabetes terus meningkat jumlahnya tiap tahunnya semua itu tidak luput dari kemudahan-kemudahan dari berbagai segi kehidupan kita.

Bayangkan saja, untuk berbelanja saja kita tidak perlu repot-repot keluar rumah, cukup dengan memilih didepan monitor kemudian memesannya maka barang yang kita inginkan akan segera sampai di tempat/rumah kita contoh lainnya adalah ketika kita bepergian dalam jarak kurang dari 1 km saja sudah malas untuk berjalan kaki bahkan lebih memilih menggunakan alat transportasi seperti motor.

Memang segala bentuk kemudahan tersebut lebih memudahkan kita dalam beraktivitas namun jika kita mau berfikir lebih jauh lagi dan bertanya kepada diri pribadi, kemana asupan zat-zat makanan yang kita konsumsi akan digunakan didalam tubuh kita? bukankah selain untuk pertumbuhan zat-zat dari makannan yang kita konsumsi akan di olah oleh tubuh menjadi energi, nah kalo tidak menjadi energi maka zat-zat makanan tersebut akan disimpan dalam tubuh menjadi lemak kemudian lama kelamaan bisa menyebakan kegemukan dan memudahkan untuk terjangkit oleh diabetes atau penyakit kencing manis.

Bagaimana cara mencegah penyakit kencing manis


Nah, sebelum penyakit Diabetes atau kencing manis menjangkiti/menyerang tubuh kita maka akan lebih baik jika kita mencegah, berikut kami bagikan 5 cara sederhana menghindari diabetes melitus:

1. Terapkan hidup sehat


Seperti ulasan diatas bahwa pola hidup sehat sangat menentukan kesehatan kita secara keseluruhan, Mulai dari makan yang di konsumsi sehat, lingkungan juga sehat, serta kesehatan secara psikologis yang meliputi kesehatan rohani. Jika itu bisa kita terapkan dengan baik maka besar kemungkinan akan terhindar dari ancaman penyakit kencing manis yang mematikan.

2. Kurangi asupan gula


 Rasa manis dari gula memang sering menggugah selera hingga tidak terasa kebiasaan memakan makanan manis akan memperbesar kemungkinan terancam penyakit kencing manis, selain makanan yang memang mengandung gula tambahan baik itu gula yang berasal dari tebu maupun gula sintetis(pemanis buatan), bahan makanan lain yang mengandung gula seperti nasi putih juga di tuding sebagai salah satu penyebab munculnya penyakig kencing manis.

3. Menjaga berat badan


Obesitas atau kegemukan memang memperbesar peluang terjadinya kencing manis, mengkonsmsi makanan sehat dan dengan berolah raga secara rutin setiap hari adalah salah satu langkah jitu untuk menjaga berat badan tetap ideal serta mengurangi ketergantungan dengan alat transportasi juga akan membantu membakar timbunan lemak dalam tubuh.

4. Gemar makan makanan alami


Banyaknya variasi makanan olahan serta variasi rasa yang ditawarkan membuat kita ingin sekali mencoba dan bahkan tidak jarang akan membuat kita gemar memakannya, misalnya junkfood dan lain sebagainya, beberapa study menyebutkan memakan jankfood hanya nikmat dimulut saja tetapi itu sama saja merusak tubuh anda sendiri secara perlahan. maka makanan yang alami seperti sayuran, buah-buahan tetap pilihan terbaik untuk kita konsumsi.

5. Cukup air putih


Selain makanan untuk menopang tubuh tetap berenergi, tubuh kita juga membutuhkan cairan juga agar stamina tetap terjaga dan cairan terbaik tersebut adalah air putih, karena selain menyegarkan air putih juga akan membantu meluruhkan kotoran dalam darah dan tubuh kita.
Sekarang kita sudah paham cara mencegah diabetes atau kencing manis dengan mudah, semoga itu bermanfaat agar kita tetap dalam kondisi kesehatan yang prima serta terhindar dari ancaman penyakit kencing manis dan penyakit lainnya.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari terkena penyakit kencing manis atau diabetis, semoga dengan membaca artikel ini kita menjadi lebih waspada sehingga terhindar dari penyakit yang satu ini. Akhir kata kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda ke blog ini. Terima kasih.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar