Skip to main content

12 Langkah Paling Jitu Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Aman

Langkah Paling Jitu Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Aman - Memiliki berat badan berlebih memang terkadang bisa memberikan efek negatif untuk Anda. Misalnya menjadi kurang percaya diri atau minder dengan penampilan Anda. Selain itu juga berat badan berlebih sangat tidak baik untuk kesehatan.

Langkah Paling Jitu Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Aman
Tabel klasifiksi berat badan menurut WHO

Untuk sebagian orang, menurunkan berat badan adalah suatu hal yang mudah untuk dicapai, namun tentu saja tidak sedikit juga yang merasakan bahwa menurunkan berat badan itu hal yang sangat susah. Untuk mereka yang susah  menurunkan berat badan kadang merasa putus asa dan akhirnya menyerah. Namun tentu saja dengan menyerah bukanlah jalan keluarnya yang terbaik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan secara alami yang mudah, sederhana, tanpa harus merasa stres dan menguras kantong. Kuncinya satu-satuya adalah menerapkannya dengan konsisten dan penuh komitmen.

Sebenarnya ada banyak cara instan yang bisa diambil sebagai langkah anda untuk menurunkan berat badan misalnya dengan tindakan operasi, sedot lemak, serta pemakain obat-obatan. Namun kita juga harus mempertimbangkan terlebih dahulu dengan matang. Karena dengan cara ini selain bisa menguras dompet anda, juga bisa membahayakan kesehatan anda tentunya.

Supaya memiliki Anda memiliki berat badan ideal tanpa harus melalui jalan medis atau operasi seperti pergi ke dokter, sedot lemak, mengkonsumsi pil pelangsing yang bisa membahayakan kesehatan, Anda bisa mencoba cara menurunkan berat badan secara alami dengan 3 cara alami berikut ini.


Menurunkan berat badan secara alami dengan berolahraga


Mendengar kata olah raga mungkin bagi sebagian orang akan terasa sangat berat dan mungkin langsung menyerah karena mungkin anda langsung berpikir kita harus melakukan olah raga berat dan menguras tenaga. Tapi sampai di sini anda jangan berpikir negatis dan menyerah dulu karena untuk menurunkan berat badan, masih banyak  latihan-latihan yang tidak terlalu menguras tenaga.

Baik perempuan maupun laki-laki  melakukan olahraga merupakan salah satu cara yang terbukti sangat ampuh sebagai langkah utnuk  menurunkan berat badan secara alami dengan cepat dan praktis.

Berikut ini ada beberapa jenis olah raga yang ampuh untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang ideal.


1. Cardio


Cardio adalah salah satu jenis olah raga atau latihan yang melibatkan hampir semua anggota tubuh seperti berlari, berenang, bersepeda, dan lainnya. Dengan melakukan cardio, otot-otot pada tubuh kita akan bekerja mulai dari otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan dan pundak.

2. Sit-up dan push-up


Olah raga mudah lainnya yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah sit-up dan push-up. Di sini tentu saja Anda harus melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan. Untuk latihan pertama, lakukan sit-up sebanyak 10  kali  dan push-up sebanyak 10 kali . Jika dengan 10 kali sit-up dan push-up sudah terasa mudah, tingkatkan jumlah dan intensitasnya. Dengan olah raga ini akan membantu Anda menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Selain untuk mengencangkan otot ,melakukan sit-up dan push-up di pagi hari, dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan karena dapat menyebabkan efek mudah kenyang.


3. Yoga


Jenis olah raga yang bisa dlakukan dengan mudah untuk menurunkan berat badan adalah yoga. Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pikiran pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan.  Berdasarkan sebuah penelitian di India membuktikan yoga sangat bermanfaat untuk membantu  melancarkan pencernaan dan menghilangkan lemak di perut.

Dengan melakukan latihan yoga secara rutin akan melatih dan  menyelaraskan tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks dan memacu tubuh untuk mengeluarkan hormon yang membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif.

Menurunkan berat badan secara alami dengan cara diet


Menurunkan berat badan identik dengan kata diet. selain dengan berolah raga  memang untuk menurunkan berat badan kita mesti disertai dengan  proses diet. Namun diet di sini bukan berarti diet yang ekstrim seperti  tidak makan sama sekali dengan tujuan agar berat badan cepat turun. Diet dengan cara melakukan perubahan pola makan yang drastis apalagi sampai tidak makan, justru akan berisiko terkena gangguan kesehatan dan bisa menibulkan penyekit lain. Meski sudah berusaha keras, diet yang tidak sehat juga tidak membuat perubahan yang signifikan. Terapkan gaya hidup sehat demi menjaga kestabilan berat badan ideal dalam jangka waktu yang panjang.

1. Berpikiran optimis


Yang dimaksud dengan berpikiran optimis di sini adalah mengontrol pikiran Anda untuk menguruskan badan. Silahkan tanamkan pikiran yang positif dan optimis bahwa Anda akan kurus. Jangan membayangkan makanan-makanan penggagal diet selama diet berlangsung.

2. Tentukanlah Target


Ketika anda melakukan proses diet, tentukanlah target penurunan berat badan yang tepat. Anda jangan terlalu berobsesi untuk menurunkan berat badan secara cepat. Dengan menargetkan berat badan turun 1 kilogram dalam seminggu sudahlah cukup. Selain itu tetapkan pula target-target kecil seperti, tidak makan gorengan, tidak makan makanan cepat saji, dan sebagainya.

3. Biasakan untuk Aktif bergerak


Jika anda ingin berat anda turun maka jauhilah sifat malas. mulailah aktif bergerak. Untuk aktif bergerak caranya sangatlah mudah. Contohnya dengan membiasakan berjalan kaki ketika hendak pergi kemanapun. Mulailah lakukan hal-hal yang kelihatannya remeh seperti memarkir mobil jauh dari tempat yang dituju sehingga harus berjalan kaki terlebih dahulu, tidak menggunakan lift atau eskalator saat beraktifitas di kantor atau pada saat berbelanja di supermarket.

4. Minumlah air sebelum makan


Minum air sebelum makan sangat manjur untuk menurunkan berat badan. Hal in karena dengan mengonsumsi air sebelum makan akan  memberikan efek kenyang pada perut, sehingga dengan  demikian akan membuat kita enggan  untuk melahap makanan dalam porsi besar.
Jadi, pada saat kita merasa lapar, sebaiknya atasi dulu dengan minum air putih sehingga perut menjadi kenyang dan akan mengurangi porsi terhadap makanan beratf.


5.  Biasakan makan dalam porsi kecil


Dengan membiasakan diri makan dengan porsi yang kecil akan menyebabkan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh menjadi berkurang. Walaupun kamu makan dengan porsi sedikit, namun  sebenarnya masih bisa membuat kamu menjadi  kenyang dengan syarat cara makannya harus lebih lambat dari biasanya atau perlahan-lahan sehingga dapat merangsang otak bahwa kita sudah kenyang.

Dengan membiasakan makan dalam porsi kecil misalnya 4-5 kali sehari akan lebih baik untuk menurunkan berat badan, dari pada kamu makan dalam porsi besar meski hanya 3 kali sehari.

6. Istirahat atau Tidur yang cukup


Ketikan tubuh kekurangan istirahat atau tidur, maka secara otomatis tubuh akan memproduksi hormon yang dapat memicu nafsu makan. Oleh karena itu bisa memicu naiknya berat badan dengan cepat. Selain itu, kebiasaan kurang tidur juga dapat  memicu terganggunya sistem metabolisme tubuh dalam proses pengolahan  zat-zat makanan menjadi energi. Dengan demikian, zat-zat tersebut akan  menumpuk dalam tubuh jumlah besar dan diubah menjadi lemak.

7. Hindari makan malam


Kebiasaan makan malam hanya akan menjadikan tubuh kamu semakin bertambah berat. Di malam hari tubuh tidak akan banyak melakukan aktivitas fisik seperti halnya siang hari, dengan demikian jika kamu mengonsumsi makanan berkalori pada malam hari maka makanan tersebut tidak akan diubah menjadi energi melainkan menjadi lemak. Oleh karena itu menghidari makan malam adalah salah satu cara untuk membatu menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal anda.

8. Dengan mengurangi makanan manis


Makan makanan manis akan memberikan energi yang lebih besar dari pada kalori atau protein. Namun, disamping itu makanan manis akan meningkatkan glukosa dalam tubuh yang tidak baik bagi kesehatan, khususnya untuk berat badan kamu.

9. Dengan mengonsumsi makanan mengandung lada atau merica


Berdasarkan sebuah  penelitian, lada atau merica bisa  membantu membakar lemak berlebih yang berada pada usus besar saat kita tidur.
Oleh karena itu, buat yang ingin menguruskan badan makan anda boleh mencoba cara ini yaitu dengan cara mencampur lada ke setiap makanan yang hendak dikonsumsi.

Itulah 12 ampuh dan aman cara untuk merunkan berat badan agar mendapatkan berat badan yang ideal secara alami tanpa obat instan..  Intinya adalah anda harus sabar dan pantang menyerah sampai anda mendapatkan berat badan yang idel sesuai impian ... semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar