Skip to main content

Jenis Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes

Jenis makanan yang wajib dihindari penderita diabetes - Penyakit diabetes  atau juga dikenal dengan  kencing manis merupakan salah satu penyakit yang cukup ditakuti oleh setiap orang, Hal ini karena penyakit diabetes ini bisa menjadi induk dari penyakit lainnya  yaitu bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya yang salah satunya adalah penyakit gagal ginja dan serangan jantung. Penyakit diabetes ini bisa terjadi kepada siapapun dan dimana pun  baik itu muda ataupun tua tanpa terkecuali. Penyakit diabetes ini sebenarnya tidak dapat diobati namun hanya bisa dicegah yaitu dengan menjaga pola hidup sehat supaya tidak terserang oleh penyakit ini.


Jenis Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes


Sekarang yang jadi permasalahan adalah bagaimana seandainya jika Anda sudah terkena penyakit diabetes ini. Untuk hal ini  solusi yang paling tepat adalah dengan menjaga pola makan yang sehat serta, serta dengan  rutin melakukan olah raga ringan supaya  menyehatkan tubuh.  Selain itu anda harus  menghindari beberapa jenis makanan yang merupakan musuh bagi para penderita diabetes. Karena jika dikonsumsi akan menyebabkan penyakit diabetes Anda semakin memburuk.

Makanan yang pantang dikonsumsi oleh penderita diabetes.


Berikut ini adalah  beberapa jenis  makanan tidak boleh dimakan  atau dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

1. Daging Berlemak Jenuh


Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah daging yang berlemak jenuh. Lemak jenuh yang terkandung di dalam daging hewan seperti  daging sapi, daging ayam, dan daging bebek sangat berbahaya untuk para penderita diabetes. Hal ini karena sifat dari lemak jenuh yang sulit untuk dihancurkan pada saat tubuh mempunyai kadar gula yang tinggi, sehingga lemak tersebut akan membuat kadar kolesterol dalam darah semakin meningkat. Alhasil akan memicu penyakit berbahaya lainnya seperti stroke atau penyakit jantung.

2. Nasi Putih


Yang kedua adalah nasi putih. Nasi putih adalah makanan utama bagian sebagian besar manusia khususnya daratan asia. Namun ternyata nasi putih menjadi salah satu jenis makanan yang harus dihindari bagi pengidap penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan nasi putih mengandung kalori yang cukup besar dan juga mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Makanan yang mempunyai kadar gula yang tinggi akan membuat sistem resistensi insulin meningkat dengan cepat sehingga sangat berbahaya buat pederita diabetes. Sebenarnya penderita diabetes juga masih bisa mengkonsumsi nasi tetapi harus memilih nasi dari jenis beras  merah yang mengandung banyak serat dan rendah gula.

3. Minuman  Dengan Gula Tambahan


Minuman yang memakai gula tambahan sangat dilarang untuk penderita diabetes. Baik itu dari minuman buah alami atau jus buah, soft drink maupun yang lainnya. Dengan demikian jika anda hendak memesan atau membuat muniman jus, hindarilah jus yang memakai gula tambahan.

4. Gorengan


Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan akan menyebabkan kandungan lemak jenuh dalam darah akan semakin meningkat. Hal ini karena hampir semua gorengan biasanya dalam pembuatannya menggunakan minyak goreng yang sudah digunakan secara berulang kali sehingga mengandung lemah jenuh yang sangat tinggi. Seperti pada poin sebelumnya  bahwa lemak jenuh ini sangat berbahaya bagi penderita diabetes karena bisa menyebabkan komplikasi dengan penyakit berbahaya lainnya seperti serangan jantung dan stroke

5. Minuman bersoda


Minuman bersoda mengandung bahan pengawet dan gula sehingga sangat berbahaya untuk penderita dibetes, karena akan memperburuk kondisi tubuh dan resistensi insulin pun akan semakin parah.

6. Minuman yang mengandung kafein


Minuman yang memiliki kandungan kafein juga sangat tidak baik bagi penderita penderita penyakit diabetes. Sebagai contoh minuman yang mengandung kafein adalah kopi. Kafein ini jika dikonsumsi akan menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi meningkat. Selain itu juga kopi biasanya dalam pengolahannya biasanya menggunakan gula tambahan. Oleh karena itu sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes karena akan menyebabkan kondisi tubuh si pendera menjadi lebih buruk.  Selain dapat menyebabkan kadar gula meningkat, kafein dapat menyebabkan efek samping lainnya  seperti  tekanan darah tinggi, gangguan deuretik, dan denyut jantung lebih cepat.

Itulah beberapa jenis  makanan dan minuman yang wajib dihindari oleh penderita diabetes atau kencing manis. Dari uraian di atas bisa disimpulkan bahwa untuk penderita diabetes deperlukan kedisiplinan dalam menjaga pola makan, menghindari makanan yang dilarang bagi penderita diabetes dan melakukan olah raga ringan untuk menjaga kebugaran tubu. Semoga artikel ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar