Skip to main content

7 Tips Menghilangkan Bekas luka Secara Alami dan Terbukti Ampuh

7 Tips Cara Menghilangkan Bekas luka Secara Alami dan Terbukti Ampuh - Mempunyai bekas luka seperti  bekas jerawat, bekas cacar, bekas lecet atau luka lainnya yang tentunya pasti akan membuat diri kita minder atau kurangnya percaya diri. Untuk luka yang berada di bagian tubuh yang tertutup mungkin tidak begitu bermasalah karena tertutup oleh pakaian. Beda halnya dengan bekas luka yang berada pada bagian tubuh yang relatif terbuka misalnya pada bagian muka, lengan dan betis pasti akan membuat kurangnya percaya diri ketika berada diatara orang sekitar.

7 Tips Menghilangkan Bekas luka Secara Alami dan Terbukti Ampuh
Ilustrasi bekas luka

Menghilangkan bekas luka baru atau lama memang tidaklah mudah serta membutuhkan waktu yang relatif lama. Bekas luka jika tidak dirawat dengan benar, maka kemungkinan besar bekas luka tersebut tidak akan pernah hilang selamanya atau bisa juga menjadi sebuah keloid.

Menghilangkan bekas luka ini sebenarnya bisa juga dilakukan secara instan yaitu melaui tindakan operasi. Namun tentunya biaya yang mesti dikeluarkan pun sangatlah besar. Selain itu banyak juga  produk  berupa lotion atau obat lainnya namun untuk keamanannya tidak bisa dikatakan 100% aman, apalagi untuk produk yang harganya relatif murah.  Oleh karena itu cara yang paling aman untuk menghilangkan bekas luka pada kulit adalah dengan cara tradisional, meskiupun lama tapi hasilnya bisa memuaskan dan tentunya sangat aman untuk kesehatan. Namun ada satu kunci yang menjadi sukses tidaknya melakukan pengobatan dengan cara tradisional dan alami yaitu kesabaran...


Artikel ini akan  merangkum 7 cara alami dan terbaik yang sudah dirasakan manfaatnya oleh banyak orang untuk menghilangkan bekas luka . Silahkan simak uraiannya berikut ini.


Cara menghilangkan bekas luka secara alami


Menghilangkan bekas luka secara alami ini adalah teknik mengobati dengan cara tradisional dengan bahan yang mudah didapat dapat dan tentunya dengan harga yang sangat murah. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka.

1. Dengan menggunakan jeruk lemon


Jeruk lemon kaya akan kandungan vitamin C dan zat asam yang cukup tinggi. Jeruk nipis ini berkhasiat mampu mencerahkan kulit dan  menghilangkan noda atau bekas luka pada kulit. Untuk cara menggunakannya cukup dengan menyiapkan 1 buah jeruk lemon kemudian belah menjadi dua bagian. Setelah itu gosokan secara lembut pada bagian kulit yang ada bekas lukanya. Namun jangan lupa sebelum digosok dengan jeruk lemon, kulit harus dibersihkan terlebih dahulu dan dikeringkan dengan handuk bersih. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit. Untuk langkah terakhir, bersihkan dengan mengguankan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sebelum anda tidur.

2. Menggunakan mentimun


Buah mentimun selain mengandung vitamin C dan potasium yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, juga memiliki kandungan  air yang cukup tinggi dan menyegarkan. Selain itu  mentimun juga mengandung senyawa  silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput pada kulit. Oleh karena itu mentimun sangat baik untuk merawat kulit termasuk mengobati jerawat dan menghilangkan bekas luka pada kulit.

Untuk menghilangkan bekas luka dengan menggunakan mentimun, sebelumnya  cuci mentimun sampai bersih, kemudian potong mentimun menjadi kecil-kecil setelah itu haluskan mentimun yang sudah dipotong dengan cara ditumbuk atau menggunakan blender. Jika sudah terlihat  halus, silahkan jadikan sebagai masker pada kulit  bekas luka kemudian biarkan sepanjang malam. Jika Anda rutin dan sabar melakukan cara ini maka bekas luka pada kulit anda akan berangsur-angsur menjadi samar dan hilang.


3. Menggunakan  buah tomat


Selain untuk pelengkap bahan masakan, buah tomat juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit serta mampu mengangkat sel kulit mati yang dapat mencerahkan kulit. Untuk cara menggunakan tomat sebagai obat menghilangkan bekas luka, bisa diikuti beberapa langkah berikut ini.
  • Bersihkan bagian kulit yang ada bekas luka menggunakan air hangat lalu keringkan dengan lap atau handuk yang bersih.
  • Siapkan satu buah tomat yang masih segar  dan matang lalu haluskan menggunakan blender. 
  • Gunakan sebagai masker pada kulit yanga ada bekas lukanya 
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit 
  • Terakhir bilas dengan air dingin sampai bersih 
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap hari menjelang tidur.

4. Menggunakan lidah buaya


Pada daging atau gel lidah buaya ini diperkaya dengan kandungan  asam amino serta lignin yang dapat mempercepat regenerasi sel, membantu melembabkan kulit, dan mencegah peradangan. Dengan demikian sangat bagus untuk digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bekas luka

Berikut ini cara menghilangkan bekas luka dengan menggunakan lidah buaya:
  • Siapkan lidah buaya yang masih segar. Untuk lidah buaya ini anda bisa menanamnya sendiri atau membelinya di supermarket.
  • Pisahkan bagian dagingnya atau gel dengan pisau kemudian cuci dengan air bersih untuk mencegah getah lidah buaya ada yang menempel pada dagingnya.
  • Bersihkan bagian kulit yang akan diobati
  • Gunakan gel lidah buaya ini pada kulit bekas luka  dengan cara di gosok-gosok secara lembut sampai merata.
  • Diamkan sampai mengering kira-kira 30 - 60 menit.
  • Langkah terakhir bilas dengan air
  • Lakukan  cara ini setiap hari

5. Menggunakan madu


Madu sangat kaya akan nutrisi yang terkandung didalammnya yang sangat baik untuk kesehatan dan juga dikenal ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Namun tidak hanya itu madu juga sangat baik untuk kesehatan kulit yaitu untuk meregenerasi kulit. Dengan demikian madu ini bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk menghilangkan bekas luka pada kulit kita.

Cara pengobatan:
  • Sediakan madu alami secukupnya saja ( ingat ya,, harus madu alami, jangan yang capur gula )
  • Bersihkan kulit yang akan diobati, setelah itu  lalu oleskan madu secara merata.
  • Diamkan beberapa menit sampai benar-benar meresap. 
  • Terakhir, bersihkan dengan cara dibilas dengan memakai air dingin sampai bersih.
  • Lakukan cara ini dengan rutin,, 
  • Anda juga bisa menggabungkan madu ini dengan bahan lain misalnya dicampur dengan  lidah buaya

6. Menggunakan minyak zaitun


Minyak zaitu atau olive oil dikenal dapat memberikan manfaat bagi kulit, oleh karena itu minyak zaitun ini banyak yang di olah sabagai bahan campuran untuk obat atau bahan kecantikan lainnya. Minyak zaitu ini juga bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit

Berikut ini cara menghilangkan bekas luka dengan minyak zaitun:

  • Siapkan minyak zaitun secukupnya.
  • Setiap selesai mandi olehkan minyak zaitu pada bagian kulit yang ada bekas lukanya.
  • Diamkan sampai minyak zaitunnya meresap ke dalam kulit
  • Langkah terakhir seperti biasa bersihkan dengan dengan cara dibilas dengan air dingin

    7. Menggunakan daun teh hijau


    Teh hijau juga termasuk bahan alami yang baik untuk kesehatan kulit. Bahan alami ini manfaatnya tidak kalah dengan bahan alami lainnya sebagai obat untuk menyamarkan  noda atau bekas luka pada kulit.

    Cara menghilangkan bekas luka pada kulit dengan menggunakan daun teh hijau adalh sebagai berikut.
    • Siapkan daun teh hijau secukupnya
    • Kemudian bersihkan dengan air bersih
    • Haluskan daun teh hijau dengan cara ditumbuk atau diblender.
    • Setelah itu, gosok-gogokan pada kulit bekas luka dengan lembut  cara memutar kemudian diamkan selama minimal 1 jam. 
    • Langkah terakhir bersihkan dengan cara dibilas menggunakan air sampai bersih 
    • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari minimal 1 kali sehari. 

    Itulah 7 tips untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas luka pada kulit,, sebenarnya masih banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit. Namun dengan 7 cara di atas saja menurut saya sudah cukup. Yang menentukan keberhasilan adalah bagaimana anda melakukannya.. pastikan anda melakukannya dengan rutindan sabar. Terimakasih

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar